Desa Wisata Jarum dengan Sentra Batik Tulisnya

Hallo Klatenian!!!

Kali ini kita akan belajar tentang batik sekaligus mengintip event Jarum Batik Festival 2018 yang diselenggarakan di Desa Jarum kecamatan bayat pada tanggal 24-26 Agustus 2018.

Langsung Saja kuy !!!

Wikinia

Batik

Batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan.

Jarum Batik Festival 2018 / Klatenia
Jarum Batik Festival 2018 / Klatenia

Wikinia

Pengukuhan Desa Wisata Jarum

Pada tahun 2013,desa Jarum dinobatkan sebagai desa wisata,karena di desa Jarum memiliki potensi daerah yang menjanjikan,yang sebagian besar adalah pengrajin batik,yaitu batik tulis kain dan batik kayu. (PPID PROVINSI JAWA TENGAH, 2015)

Batik tuh kain aja kan ?

Tidak dongggggggg

Unik nya di Desa Jarum ini para pengrajin batik tidak hanya menggunakan media kain saja. Namun menggunakan media lainya seperti media kayu dan keramik.

Batik kayu meliputi topeng , almari , tempat minuman, wayang, patung , sandal , gelang, gantungan kunci, berbagai mainan seperti dakon, sangkar burung dan masih banyak lagi. Batik kain bisa berupa batik warna alam, bisa juga warna sintetis.

Batik keramik meliputi semua jenis keramik yang berbahan dasar tanah liat bisa di finishing dengan batik, sehingga nilai seni dari kerajinan batik dari Desa Jarum ini semakin istimewa.

Jarum Batik Festival 2018
Jarum Batik Festival 2018

Motif Batik desa Jarum

Motif batik buatan warga Jarum tidak jauh berbeda dengan motif pada umumnya. Bedanya, produk batik di desa tersebut memiliki ciri khas warna kain yang lebih kalem karena menggunakan pewarna alami yang berasal dari berbagai tanaman seperti daun alpukat, daun jati, akar pace, serta kulit pohon.

Jarum Batik Festival 2018
Jarum Batik Festival 2018

Jarum Batik Festival 2018

Jarum Batik Festival 2018
Jarum Batik Festival 2018

Festival tahun ini memiliki tema yang sangat menarik, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya Jarum Batik Festival 2018 mengangkat tema “Klaten Mbiyen” yang memiliki arti Klaten Zaman Dulu.

Dimana kita akan serasa dibawa pada jaman-jaman dulu yang Vintage-Vintage gitu.

Event yang digelar secara 3 hari beruntun pada tanggal 24-26 agustus ini memiliki banyak acara yang menjadi daya tarik tersendiri.

Di hari pertama dan kedua diadakan beberapa acara yang sangat asik seperti Fashion Show batik dan Festival buka dari jam 7 pagi – 5 Sore.

Sedangkan pada hari ketiga Batik Festival dibuka dengan jalan sehat jam 7 pagi dan diakhiri dengan pertunjukan wayang pada malam harinya.

Duh, Pengen Belajar Batik nih, Bisa ga sih ?

Tentu saja bisa dong.

Bagi kalian yang ingin belajar membatik, di Jarum Batik Festival 2018 ini penyelenggara menyediakan kain panjang (lupa ngukur panjang kain guys) yang tentunya bisa kalian gunakan untuk belajar membatik

Tenang saja jika kalian tidak mempunyai peralatan untuk membatik karena sudah disiapkan juga peralatan seperti canting, malam, kompor dan wajannya, jadi tidak perlu membawa dari rumah.

Tapi jika diantara kalian ingin membeli peralatan membatik bisa kok guys.

Jarum Batik Festival 2018
Jarum Batik Festival 2018

Beli Batik Langsung Jadi Bisa ?

Bisa Banget !!!

Di Jarum Batik Festival 2018 terdapat lebih dari 20 stand yang menjual berbagai macam produk dari kain batik tulis, baju batik, hingga topeng batik guys.

Jarum Batik Festival 2018
Jarum Batik Festival 2018

Soal harga jangan tanya ya dijamin murah untuk ukuran batik tulis yang benar-benar ajib !

Pengen Dateng tapi gatau jalan nih !

Sans, bagi kalian yang tidak tahu arah jalan pulang, eh arah jalan ke Jarum Batik Festival bisa kok dibantu dari pihak panitia.

Pihak panitia selalu siap siaga untuk menjeput dan menuntun kalian ke jalan yang benar….. menuju Jarum Batik Festival tentunya.

Nah gimana guys tertarik untuk datang ?

Wikinia

Narahubung Jarum Batik Festival

Jika kalian ada pertanyaan seputar Jarum Batik Festival kalian bisa tanya-tanya ke narahubung Jarum Batik Fest di nomor 0857-2978-1734 (Tomi).

Sekian dulu dari klatenia.

Gunakan Produk Lokal, Salam Budaya !

 

 

Leave your comment