Gambyong, Ritual Panen Hingga Ulang Tahun Kota Klaten

Halo Klatenian!

Kali ini Klatenia akan sedikit mengulas tentang tari gambyong. Klatenian semua pasti sudah pernah melihat tarian gambyong sebelumnya dong. Tapi.. Apakah Klatenian tahu sejarah dari tari gambyong?

Festival Gambyong Kabupaten klaten 2018 ( Wildan / Klatenia )
Festival Gambyong Kabupaten klaten 2018 ( Wildan / Klatenia )

Sekarang ini tarian gambyong sering digelar pada acara besar maupun festival besar , tapi apakah klatenian tahu bahwa sebenarnya tarian gambyong sendiri termasuk dalam tarian jalanan atau tarian rakyat.

Wikinia

Darimanakah Tari Gambyong Berasal ?

Yup, Tari Gambyong Berasal dari Surakarta, Jawa Tengah !!

Pada awalnya tarian gambyong digelar pada saat upacara panen. Masyarakat percaya dengan melakukan tarian gambyong maka Dewi Sri atau Dewi Padi akan memberikan para petani berkah sehingga hasil panen akan melimpah.

Dari mana nama Gambyong di ambil hayo??

Dahulu ada seorang penari terkenal bernama Sri Gambyong. Yup , nama Gambyong berasal dari Nama beliau, Sri Gambyong. Sri Gambyong sendiri memiliki suara yang indah serta kelincahan dalam melakukan tariannya.

Pada awalnya Sri Gambyong melakukan tariannya di jalanan Surakarta, Walapun begitu hampir seluruh warga Surakarta mengenal Sri gambyong, Hingga akhirnya Atas perintah dari Sinuhun Paku Buwono IV yang pada waktu itu memerintah Surakarta. Sri Gambyong diizinkan menyelenggarakan pementasan dilingkungan Kraton Surakarta. Sejak saat itu tarian oleh Sri Gambyong dinamakan tari Gambyong.

Wikinia

Apa Nama Tarian Gambyong Sebelum di juluki Tari Gambyong ?

Dulu Sebelum Menjadi Tari Gambyong , Sebenarnya Nama Asli Tarian Gambyong Adalah Tari Tayub

Lalu apa Hubungan Tari Gambyong dengan Klaten ?

Bagi warga klaten sendiri tarian gambyong bukan lagi tarian asing, dari sekolah maupun dari sanggar-sanggar tari yang banyak berdiri di klaten sehingga salah satu Tarian Tradisional ini banyak di gemari di klaten.

Pada bulan juli tahun 2018, Pemkab Klaten menggelar Gambyong Kolosal yang diikuti oleh 1000 penari gambyong dari klaten. Para penari sendiri berasal dari Sanggar tari, Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada di Kabupaten Klaten.

Gambyong Kolosal Klaten 2018 ( Wildan/ Klatenia)
Gambyong Kolosal Klaten 2018 ( Wildan/ Klatenia)

Digelarnya Gambyong Kolosal merupakan salah satu acara untuk memperingati Ulang Tahun Kabupaten Klaten Ke-214. Bukan hanya menggelar gambyong kolosal, Pemkab Kabupaten Klaten Menggelar event-event lainya juga seperti Batik Lurik Carnival.

Bupati Klaten berfoto dengan para penari gambyong kolosal 2018 ( wildan / Klatenia)
Bupati Klaten berfoto dengan para penari gambyong kolosal 2018 ( wildan / Klatenia)

Baca Juga : Klaten Lurik Carnival Meriahkan Hari Jadi Klaten ke 214

Nah cukup sekian dulu klatenia menjelaskannya untuk lebih lengkapnya datang langsung ke sanggar-sanggar tari di daerah kalian!

Untuk Galeri Tari Gambyong  bisa kalian akses disini

Terimakasih. Salam Budaya !!!

 

 

 

 

 

 

Leave your comment