Klaten Lurik Carnival Meriahkan Hari Jadi Klaten ke-214

Klatenia, Klaten – Dalam rangka HUT Kabupaten Klaten yang ke-214, Pemerintah Kabupaten klaten menggelar 33 event yang dimulai dari bulan Juli sampai dengan bulan September mendatang. Tema yang diangkat dalam peringatan hari jadi ke-214 Klaten sendiri adalah Ati, Lathi lan Pakarti Nyawiji Hambangun Klaten Kang Edi Peni. Salah satu event yang digelar pada bulan juli 2018 adalah Klaten Lurik Carnival, Seperti tahun-tahun sebelumnya Klaten Lurik Carnival tahun ini sangatlah meriah.

“Kabupaten Klaten menyelenggarakan Klaten Lurik Carnival untuk memperingati hari Jadi kabupaten Klaten yang ke 214, serta menyongsong Hari Kemerdekaan Republik Indonesia,” ungkap Bupati Klaten Sri Mulyani kepada wartawan.

Festival lurik tahun ini di ikuti oleh 36 peserta dari 26 Kecamatan di Kabupaten Klaten serta instansi pemerintah maupun swasta turut andil dalam memeriahkan acara tahunan Klaten Lurik Carnival.

“Tema yang kita ambil dalam kaitan Klaten Lurik Carnival ini ‘Dengan Pengembangan Potensi Budaya dan Produk Unggulan Lurik melalui hari Jadi Klaten yang ke 214,” ungkap Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Klaten, Pantoro kepada wartawan.

Klaten Lurik Carnival tahun ini mendapat sambutan sangat meriah dari masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Klaten, Antusiasme masyarakat dapat terlihat dengan penuhnya jalan yang digunakan untuk event kali ini bahkan sebelum acara dimulai, beberapa masyarakat bahkan saling berlomba untuk berfoto dengan para peserta yang menggunakan kostum batik lurik dengan ornamennya yang sangat cantik.

Klaten Lurik Festival. Klatenia
Masyarakat Berfoto dengan peserta Klaten Lurik Carnival. (klatenia/advista)

Kabupaten klaten sendiri memiliki beberapa daerah sentra lurik, salah satunya adalah Kecamatan Cawas.

“Kami sangat mengapresiasi penyelengaraan Klaten Lurik Karnival ini karena Cawas sendiri merupakan salah satu sentra lurik di Klaten. Para pengrajin sangat mendukung kegiatan ini. Di Cawas sekarang ini ada lima ratusan pengrajin,” kata Camat Cawas Mohammad Nazir  kepada wartawan saat memimpin karnaval.

Dengan diadakannya Event tahunan ini diharapkan tumbuhnya minat masyarakat Klaten dengan salah satu budaya Indonesia yaitu Batik Lurik sekaligus meningkatkan perekonomian para pelaku usaha batik lurik.(Klatenia/WMA)

Leave your comment