Kabupaten Klaten

CategoryUmum
LocationKlaten
Rating
0.0
Status Open now
Kabupaten Klaten

Kabupaten dengan semboyan BERSINAR (Bersih Sehat Indah Nyaman Aman Rapi) ini berada disebelah timur Provinsi Yogyakarta tepatnya berbatasan langsung dengan Kabupaten Sleman disisi barat, sisi timurnnya berdampingan dengan Kabupaten Sukoharjo, sebelah Utara berdampingan langsung dengan Kab. Magelang dan Boyolali sedangkan sisi selatan berbatasan langsung dengan Kab. Gunung Kidul. Secara administrasi Kabupaten Klaten masuk dalam Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini memiliki 26 Kecamatan 10 Kelurahan serta 391 Desa dengan Ibu Kota Kabupaten berada di 3 Kecamatan yaitu Klaten Tengah, Klaten Utara dan Klaten Selatan.

Dari dulu hingga sekarang Klaten dikenal sebagai salah satu daerah yang subur hal itu dikarenakan letaknya yang dekat dengan Gunung Merapi. Telusan Gunung Merapi yang membawa abu vulkanik menjadikan tanah di kabupaten ini menjadi subur, salah satu produk pertanian yang terkenal diwilayah ini berupa beras yang berasal dari Kecamatan Delanggu.

Dahulu kala Kab. Klaten menjadi salah satu dari daerah yang dipimpin oleh Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang dipimpin oleh Sri Susuhunan Pakubuwana dengan gelar dengan gelar lengkapnya Sahandhap Sampeyandalem Ingkang Sinuhun Kangjeng Susuhunan Pakubuwana Senapati-ing-Alaga Abdurrahman Sayidin Panatagama Khalifatullah Ingkang Jumeneng Kaping …(diisi sesuai urutan gelar raja ke berapa) ing Nagari Surakarta Hadiningrat. Saat itu Sri Susuhunan Pakubuwono VII membagi wilayahnya menjadi 6 Kabupaten yaitu Surakarta, Kartosuro, Boyolali, Ampel, Sragen dan salah satunya Klaten. Setiap kabupaten dipimpin oleh Tumenggung dan beliaulah yang bertugas untuk mengatur jalannya pemerintahan setiap kabupaten dan menyelaraskan bawahan – bawahannya. Konon kabarnya nama Klaten sendiri berasal dari kata  bunga melati.

Dahulu ada seorang abdi dalem Kraton Kasunanan Surakarta yang ditugaskan oleh Sri Susuhunan Pakubuwono untuk menyerahkan bunga melati dan buah joho yang digunakan untuk menghitamkan gigi para putri kraton (Serat Narpawada, 1919:1921), kemudian seiring berjalannya zaman kata melati berubah menjadi klathi dan agar mudah mengucapkannya masyarakat pun perlahan menyebut tempat itu dengan Klathen.

Dari sisi pariwisata Kabupaten yang memiliki hari jadi 28 Juli ini mulai dilirik sebagian masyarakat luar Klaten. Tak khayal beberapa tempat wisata yang sudah mulai go nasional seperti halnya Umbul Ponggok di Kecamatan Jatinom dan Candi Plaosan di Kecamatan Prambanan, sebenarnya masih banyak destinasi yang tak kalah bagus dengan wilayah lain, kalaian penasaran dengan wisata apa saja sih yang ada diwilayah Shine Of Java ini, monggo pantau terus website kita untuk update tentang Kabupaten Klaten, tak hanya tpat wosata saja yang akan kami bahas namun segala hal yang berhubungan dengan Kabupaten Bersinar ini akan kita ulas lebih mendalam.. Sampai jumpa dipostingan kita selanjutnya

Write a Review

Click to rate