Rumah Sakit Islam (RSI) Klaten

CategoryRumah Sakit
LocationKlaten
Rating
0.0
Rumah Sakit Islam (RSI) Klaten

Berdirinya RS. Islam Klaten diawali dengan mendirikan Balai Pengobatan (BP) pada th. 1981 terletak di lantai dasar masjid Raya Klaten. Setelah berkembang cukup baik, muncul ide dari pengurus Yayasan Jamaah Haji Klaten (YJHK) untuk mendirikan sebuah rumahsakit. Yayasan Jama’ah Haji Klaten (YJHK) sebagai pemilik RS. Islam Klaten, kemudian berfikir untuk mengembangkan BP ke arah sebuah rumah sakit¬†yang representatif. Kenapa sebuah RS yang pilih ? Karena pada waktu itu di Klaten belum ada RS. Swasta Islam yang berdiri di Klaten. Untuk bidang pendidikan dari Muhammadiyah sudah cukup banyak, untuk pesantren dari NU juga berdiri cukup banyak, maka akhirnya dipilihlah mendirikan sebuah Rumah Sakit yang dinamakan RS. Islam Klaten. RS. Islam Klaten mulai dibangun pada tahun 1981 dan mulai operasional (soft launching) pada tgl. 19 September 1986, dan tanggal tersebut dijadikan sebagai kelahiran (milad) RS. Islam Klaten.

Sambil terus berbenah melengkapi fasilitas & peralatan, maka RS. Islam Klaten telah siap diresmikan yaitu pada hari Jum’at, tgl. 8 Januari 1988 oleh Menteri Kesehatan RI (dr.RH.Soewardjono Soerjaningrat) dan dihadiri oleh Menteri Agama (H.Munawir Sadzali, MA), Duta besar Arab Saudi dan beberapa pejabat tingkat I & II. Akhirnya BP yang berada di masjid Raya Klaten, karena hanya melayani pelayanan medik dasar, maka dialihkan & dijadikan satu dengan poliklinik RS. Islam Klaten, hal ini dilakukan pada bulan Oktober 1998.

Pengumpulan dana dan wakaf-wakaf kamar diawali dari infaq pengajian (kelompok terbang / kloter haji), ada yang mengumpulkan uang yang dimasukkan ke dalam tabungan ‘blek roti’, ada juga yang langsung membantu sebuah bangunan, tanah dan peralatan untuk digunakan di RS. Islam Klaten. Kamar pasien sebagian wakaf dari para haji dan dermawan di Klaten, ada seorang Haji yang mewakafkan tanah & bangunan untuk 1 bangsal perawatan, yaitu Bpk. H. Ma’sum H.Ma’sum Martosukarto bahkan ada seorang pasien keturunan Tionghoa, karena rasa terima kasihnya kepada RS. Islam Klaten, akhirnya mereka menyumbang 2 kamar VVIP, yaitu Tuan Tjioe Boen Djae.

Sampai saat ini RS. Islam Klaten berkembang cukup baik, bahkan penambahan tempat tidur selalu ditingkatkan, mulai dari 50 TT (1986) sampai sekarang memiliki kapasitas 200 TT (2010) Dalam upaya peningkatan mutu juga selalu ditekankan di RS. Islam Klaten, dengan mengikuti Akreditasi 16 pelayanan dan ISO 9001:2008. Seiring perkembangannya yang cukup pesat, RS. Islam Klaten sering dipakai sebagai RS. Untuk studi banding / bensmarking RS lain baik di jawa Tengah, jawa Timur, Jabodetabek, bahkan dari luar Jawa seperti Sumatra, dan Kalimantan. Semua itu tidak luput dari kerja keras seluruh staf yang ada dan juga pengurus Yayasan Jamaah Haji Klaten, serta dukungan semua masyarakat Klaten dan sekitarnya.

Write a Review

Click to rate