SMP N 2 Klaten

CategorySekolah
LocationKlaten
Rating
0.0
Status Closed nowOpens at 07:00:AM today
SMP N 2 Klaten

Bagi warga Klaten mungkin sudah tidak asing lagi dengan sekolah yang satu ini, salah satu sekolah yang menjadi primadona dalam perebutan kursi setingkat SMP di Kab. Klaten. Sekolah ini beralamat di Jl. Pemuda Tengah Klaten, Kec. Klaten Tengah, untuk menuju lokasi tersebut sangatlah mudah karena letaknya yang tidak jauh, sekitar  100m ke utara dari Stadion Trikoyo Klaten. SMP Negeri yang berstatus sekolah rujukan ini memiliki 43 guru aktif dan 14 tenaga pendidik.

 

smp negeri 2 klaten

Pada tahun 2015 gedung baru “Espero” (julukan SMP N 2 Klaten) tersebut telah diresmikan oleh Bupati Klaten pada waktu itu, namun baru sekitar setahun yang lalu, sekolah ini menempati gedung baru dengan anggaran dari APBD Kab. Klaten, rencana pembangunan dilakukan bertahap dimulai dari tahun 2009 dengan penghibahan tanah Pengkab Kab. Klaten seluas 33.360 m2, berdasarkan surat keputusan (SK)  Bupati Klaten No 032/557/2009. Penampilan gedung yang serupa hotel berbintang ini cukup mewah untuk selevel sekolah menengah pertama, membuat kagum orang  – orang yang melihatnya, warga Klaten pun pada awalnya tak mengira bangunan tersebut adalah gedung SMP N 2 Klaten, mungkin masyarakat luar Klaten pun akan kagum dengan bangunan tersebut.

 

Sekolah yang berdiri pada sekitar tahun 1951. Sebelum berpindah lokasi sekolah ini berada tepat di Jl. Pemuda dengan 2 gedung yang terpisah jalan, dahulu pada masa penjajahan sekolah ini diperuntukan untuk putra putri Kolonial Belanda (Shakol), kemudian setelah Indonesia merdeka baru dijadikan sekolah menengah pertama.

Tak usah diragukan lagi untuk masalah prestasi, sekolah yang hampir setiap tahun menduduki peringkat 1 ujian nasional di Kab. Klaten. Bukan hanya institusinya saja, bahkan siswa SMP N 2 Klaten juga kerap kali menjadi perahi nilai UN tertinggi kabupaten. Tak hayal pihak sekolah kerap kali mengirimkan anak didiknya untuk mengikuti jambore ketingkat internasional, kegiatan tersebut berlaku untuk siswa siswi yang memiliki prestasi akademis dan mampu dalam finansial, dikarenakan biaya yang tidak sedikit untuk mengikuti kegiatan tersebut, sebab Anggaran BOS tak bisa digunakan untuk kegiatan individu siswa siswi. Diikut sertakannya pelajar dalam kegiatan jambore bertujuan memberikan keterampilan, wawasan, serta pengalaman bagi para pesertanya.

Write a Review

Click to rate